ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK BJB SYARIAH KCP JATIBARANG
DOI:
https://doi.org/10.31943/jsef.v2i1.4Keywords:
Strategi Pemasaran, Produk Pembiayaan, Kepuasan Nasabah.Abstract
Artikel ini membahasa tentang: “ Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank BJB Syariah KCP Jatibarang”. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Bank BJB Syariah itu bermaksud untuk mensosialkan produk-produk pembiayaan pada masyarakat yang berada pada wilayahnya yakni masyarakat Jatibarang sekitarnya. Oleh itu, penulis sangat tertarik untuk menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak bank BJB Syariah tersebut dan untuk lebih mengetahui hasilnya, penulis melakukan penelitian lebih jauh dengan menggunakan penelitian kualitatif yang mana langkah-langkah penelitiannya dengan menggunakan metode pustaka (sebagai landasan teori) dan metode lapangan. Metode lapangannya dengan menggunakan tehnik partichipant observation dan non partichipant observation, penulis melakukan partichipant observation bersama pihak praktisi bank BJB Syariah tentang strategi pemasarannya yang dilakukan oleh pihak praktisi tersebut. Berdasarkan penelitian itu, penulis mendapati bahwa produk-produk yang ditawarkan oleh bank BJB Syariah KCP Jatibarang itu terbagi menjadi dua yakni Produk Pembiayaan Konsumtif dan Produk Pembiayaan Produktif. Sedangkan mengenai tingkat kepuasan atas pelayanan yang dilakukan oleh pihak bank BJB Syariah ternyata masih masuk katogori cukup memuaskan baik keramahan, ketepatan dan kecepatan pelayanannya.