Analisis Strategi Telemarketing dan Edukasi Kepada Masyarakat Terhadap Tabungan Haji Pascamerger pada Bank Syariah Indonesia KCP Jatibarang

Authors

  • Didik Himmawan Universitas Wiralodra Indramayu
  • Lian Meydina Aulia Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jsef.v3i2.47

Keywords:

Strategi, Telemarketing, Edukasi, Tabungan Haji

Abstract

Strategi Telemarketing merupakan salah satu perencanaan terhadap pemasaran yang dilakukan oleh pihak perbankan sebagai salah satu langkah untuk melakukan perbaruan data melalui nomor Telepon. Akusisi Haji adalah proses pembaharuan data nasabah dari pendaftaran haji yang sudah dilakukan oleh nasabah kepada bank Syariah sebelum terjadinya penggabungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami strategi telemarketing terhadap akusisi haji pada Bank Syariah Indonesia KCP Jatibarang. Dalam penelitian ini saya menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan fakta di lapangan. Hasil penelitian ini yaitu strategi telemarketing yang dilakukan dalam penerapan akusisi haji meliputi pengumpulan data nasabah dari data yang terdahalu, pengelompokan data berdasarkan tempat tinggal, penawaran melalui Telepon untuk memastikan nomor yang terdata masih aktif atau sudah tidak terpakai, dalam proses penawaran nasabah diharapkan ke kantor cabang BSI terdekat untuk pembaruan data pada customer service. Edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan merger BNI Syariah, BRI Syariah dan Bank Mandiri Syariah, dilakukan baik secara individual ketika ada yang bertanya, maupun dengan mengunjungi dan sosialisasi kepada penyelenggara haji, dan masyarakat secara langsung.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Himmawan, D. ., & Aulia, L. M. . (2024). Analisis Strategi Telemarketing dan Edukasi Kepada Masyarakat Terhadap Tabungan Haji Pascamerger pada Bank Syariah Indonesia KCP Jatibarang. JSEF: Journal of Sharia Economics and Finance, 3(2), 98–104. https://doi.org/10.31943/jsef.v3i2.47