Strategi Marketing Pada Produk Arrum BPKB Di Pegadaian Syariah CPS Pasar Baru Indramayu Ditinjau Dari Aplikasi Market Share Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah

Authors

  • Dzulfiyah Iswana Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ahmad Syathori Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Abd. Muin Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jsef.v3i1.39

Keywords:

Arrum BPKB, Pegadaian Syariah, Strategi Pemasaran, Market Share

Abstract

Strategi pemasaran (marketing) perlu dilakukan untuk memperkenalkan suatu produk sehingga dibutuhkan pula landasan norma dan moralitas dalam proses pemasaran kepada nasabah. Strategi pemasaran dapat berdampak meningkatkan minat nasabah dalam menggunakan produk-produk jasa yang dikeluarkan oleh pegadaian Syariah CPS Pasar Baru Indramayu salah satunya  produk pembiayaan Arrum (Ar-Rahn Untuk Usaha Mikro) yang telah ada sejak tahun 2008 yang bertujuan untuk memudahkan para pengusaha mikro kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya dengan bantuan modal usaha dengan jaminan BPKB (Surat Bukti Kendaraan Bermotor) melalui Pegadaian Syariah CPS Pasar Baru Indramayu. Penyususnan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemasaran (marketing) terhadap peningkatan Markt Share Di Pegadaian Syariah CPS Pasar Baru Indramayu dan untuk mengetahui startegi pemasaran (marketing) yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah CPS Pasar Baru Indramayu. Adapun jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, kualitatif berarti prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor yang mempengaruhi pemasaran (marketing) terhadap peningkatan Markt Share ini yaitu banyaknya pesaing yang menawarkan produk yang segmentasi pasarnya sama dengan produk Pegadaian Syariah, masyarakat yang masih kurang pemahaman tentang Pegadaian Syariah, kepercayaan Masyarakat yang masih kurang terhadap Pegadaian Syariah, Sumber Daya Manusia yang masih kurang di bidang keuangan Syariah. Dan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah CPS Pasar Baru yaitu menggunakan konsep pemasaran yang meliputi segmentasi, targeting, dan potioning dan dalam bauran pemasaran (marketing mix) yaitu meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion), Strategi (marketing) yang sudah digunakan oleh Pegadaian Syariah  CPS Pasar Baru Indramayu sudah optimal dan mampu meningkatkan volume penjualan perusahaan.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Iswana, D. ., Syathori, A. ., & Muin, A. . (2024). Strategi Marketing Pada Produk Arrum BPKB Di Pegadaian Syariah CPS Pasar Baru Indramayu Ditinjau Dari Aplikasi Market Share Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah. JSEF: Journal of Sharia Economics and Finance, 3(1), 52–59. https://doi.org/10.31943/jsef.v3i1.39