Strategi Marketing Produk Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sudirman Indramayu

Authors

  • Ricci Rosinta Prodi Perbankan Syariah Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ahmad Dasuki Aly Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Indra Sudrajat Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jsef.v3i1.37

Keywords:

Bank Syariah Indonesia, Produk Cicil Emas, Strategi Pemasaran

Abstract

Di Indonesia perkembangan produk cicil emas semakin meningkat, sehingga menumbuhkan keharusan Bank Syariah Indonesia untuk berinovasi mengenai produk- produknya dalam meningkatkan daya saing. Salah satunya adalah produk cicil emas. Untuk menjaga keberlangsungan produknya, BSI harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemasaran yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran dalam Islam, khususnya Bank Syariah Indonesia guna meningkatkan jumlah nasabah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme dan penerapan dalam produk cicil emas pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Indramayu Sudirman dan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing dalam produk cicil emas pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Indramayu Sudirman. Adapun jenis penelitian ini ialah menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bertempat di kantor cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) Indramayu Sudirman dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah mekanisme dan penerapan yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman pada Produk Cicil Emas sudah terlaksana dan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dimulai dari beberapa tahapan dari syarat pengajuan, penilaian agunan, pemutusan pembiayaan, pelaksanaan akad dan pencairan pembiayaan dengan menggunakan akad murabahah dan rahn. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BSI KCP Indramayu Sudirman dalam memasarkan produknya yaitu dengan melakukan pemasaran secara canvassng, open table, pemasaran dengan penawaran ke perusahaan yang menjadi rekanan BSI, penawaran secara member get member dan referral dari nasabah atau lainnya, dan pengembangan bauran pemasaran seperti 4P, product, price, place dan promotion. Dalam perspektif ekonomi Islam strategi pemasarannya yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip syariah dan tidak bertentangan dengan etika bisnis Islam.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Rosinta, R. ., Aly, A. D. ., & Sudrajat, I. . (2024). Strategi Marketing Produk Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sudirman Indramayu. JSEF: Journal of Sharia Economics and Finance, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.31943/jsef.v3i1.37