PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK-PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH

Authors

  • Hikmatus Sa'adah Prodi Perbankan Syariah Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jsef.v2i2.34

Keywords:

Perbankan Syariah, Produk-Produk Bank Syariah, Mahasiswa

Abstract

Perbankan Syariah merupakan Bank Islam atau Lembaga Keuangan yang menghimpun dana berlandasakan pada Al-Quran dan Hadits, dengan tidak mengandalkan pada bunga melainkan dengan bagi hasil. Berfungsi sebagai perantara bagi pihak yang berkelebihan dana dan pihak yang kekurangan dana untuk kegiatan usaha dan kegiatan lainnya sesuai dengan hukum Islam. Faktor mendasar yang mempengaruhi minat calon nasabah Bank Syariah adalah pengetahuan, yaitu pengetahuan calon nasabah mengenai konsep Perbankan Syariah dan pengetahuan mengenai produk-produk bank Syariah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa Fakultas Agama Islam tentang produk-produk Perbankan Syariah dan untuk mengetahui seberapa minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif yang digunakan menggunakan populasi dan sampel, menggunakan dua variable X dan Y, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian dan analisis data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengaruh pengetahuan tentang produk-produk Perbankan Syariah terhadap minat mahasiswa Fakultas Agama Islam menjadi nasabah di Bank Syariah yaitu, dari hasil uji T-test berpengaru secara sighnifikan sebesar 6,486 dengan nilai signifikansi 0,000 dimana nilai signifikansi < 0,05. Yang artinya variabel independen berpengaruh parsial terhadap variabel dependen.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Hikmatus Sa'adah, & Ibnu Rusydi. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK-PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH. JSEF: Journal of Sharia Economics and Finance, 2(2), 112–123. https://doi.org/10.31943/jsef.v2i2.34